Teknopreneur.com- Intel Corp akan menginvestasikan US$1,6 miliar untuk meng-upgrade pabrik di kota Chengdu di Cina barat. Tindakan ini sepertinya akan semakin menyulitkan bagi beberapa pesaing Intel di Amerika Serikat.

Melalui Routers, Intel mengatakan investasi yang digunakan sebagai bagian dari upgrade ini akan membawa teknologi chip-pengujian yang paling canggih ke Cina. Dengan ini pihak Intel akan menerima dukungan pemerintah lokal dan regional dalam hal konstruksi.

“Menggelar teknologi pengujian lanjutan terbaru kami di Cina menunjukkan komitmen kami untuk berinovasi bersama-sama dengan Cina,” kata William Holt, Intel executive vice president.

“Investasi di Pabrik Chengdu sepenuhnya akan membantu industri semikonduktor Cina dan mendorong pertumbuhan ekonomi regional,” tambahnya.

Pengumuman ini datang tiga bulan setelah Intel membeli saham minoritas di sebuah perusahaan semikonduktor yang dikuasai pemerintah Cina untuk bersama-sama merancang dan mendistribusikan chip mobile.

Langkah yang dilakukan Intel ini tak lain adalah untuk memenangkan pasar elektronik di dunia. Intel bersama-sama dengan produsen dan vendor Cina, sedang berupaya membangun pasar elektronik untuk konsumen di seluruh dunia, dan cara menjadi pemasok chip utama untuk mereka.

Lihat saja seperti yang diberitakan Infoworld di kota Cina Shenzhen, perusahaan ini telah bermitra dengan vendor hardware yang kurang dikenal untuk membangun tablet yang menggunakan prosesor Intel.

Pada bulan September lalu, perusahaan AS juga menandatangani kerjasama untuk bersama-sama memproduksi chip smartphone berbasis Intel dengan pembuat semikonduktor Cina Spreadtrum Communications.

Hal yang sama juga terjadi di bulan Mei lalu, Intel telah membuat perjanjian dengan Cina Rockchip- penjual prosesor untuk tablet.

 

Foto: www.techpowerup.com