Teknopreneur.com – Perkembangan zaman yang semakin canggih, membuat di masing-masing negara, terus berlomba untuk memiliki teknologi yang mumpuni dan dapat laris dipasaran global. Hal itu, telah disampaikan pada sebuah majalah di Jerman oleh Komisaris Digital Economy Uni Eropa, Guenther Oettinger yang menyatakan, belanja IT untuk meningkatkan perekonomian daerah mencapai double-digit miliar Euro.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari Reuters, Minggu (7/12). Dirinya pun menuturkan, hal itu telah dibicarakan dengan kelompok telekomunikasi, pemerintah, masyarakat lokal dan investor tentang perluasan jaringan digital yang akan dimulai tahun depan.

“Ini masih menjadi pertanyaan, tentang siapa yang akan melakukan dan pembagian dana untuk apa saja.  Dan nilai investasi double-digit miliar Euro, telah memenuhi syarat untuk membangun infrastrutur digital Uni Eropa,” katanya kepada media cetak ternama di Jerman, Focus magazine.

Dimana pada bulan lalu, Lembaga Komisaris Uni Eropa telah mempublikasikan total belanja IT yang diperkirakan mencapai €300 miliar atau sekitar $369 miliar, dalam rangka meningkatkan perekonomian yang stagnan di Eropa. Menanggapi hal tersebut, beberapa analis meragukan para investor swasta akan menyanggupi dana sebesar itu.

Dikarenakan, Lembaga Komisaris Uni Eropa saja hanya menyisihkan €8 miliar dan sedikit bantuan dari Bank Investasi Eropa (EIB) yang telah menyumbang €5 miliar, untuk memberikan tambahan dana investasi tersebut.

Diduga, langkah yang dilakukan oleh Lembaga Komisi Uni Eropa dan Bank Invesatsi Eropa itu, merupakan umpan untuk memancing para investor.  Hal itu dilakukan, agar para investor mau menyumbangkan dananya untuk mencapai belanja IT yang dibutuhkan, sehingga dapat menciptakan satu juta lapangan pekerjaan.