Teknopreneur.com – Jakarta telah lama terkenal dengan banjir yang terjadi antara November dan April setiap tahun dikarenakan infrastruktur yang minim. Musim hujan secara keseluruhan mengubah jalan menjadi sungai dan memberi masalah besar kepada penduduknya.

Namun, kini kota memiliki solusi digital untuk memperingatkan warganya mengenai kapan dan dimana banjir terjadi maka bisa melakukan pencegahan, seperti yang dikutip dari Techinasia (3/12).

Aplikasi ini disebut Peta Jakarta dan menggunakan media sosial untuk mengumpulkan, mengurutkan, dan memunculkan informasi mengenai banjir untuk penduduk Jakarta dan pemerintahannya secara real time. Software ini menyediakan informasi situasional untuk dikumpulkan dan disebarkan oleh masyarakat melalui lokasi mereka.

Cara kerjanya jika seseorang melihat banjir di Jakarta, yang harus ia lakukan yaitu tweet #banjir @petajakarta dan laporan tersebut akan muncul di peta website. Dengan ini individual maupun pemerintahan bisa siap secara efisien dan menanggulangi kerusakan yang disebabkan banjir.

Peta Jakarta diharapkan merubah cara masyarakat dan pemerintahan dalam mencari jalan keluar titik infrastruktur yang rusak untuk menyelamatkan banyak nyawa. Tujuannya agar kota memahami dimana saja yang membutuhkan konstruksi dan renovasi.

 

 

Penulis: Aswin