Teknopreneur.com- JavaScript, lebih dikenal dengan pamornya sebagai pengembang aplikasi web, sedang memperluas ranah bisnis mereka dengan barcode scanner seperti dilansir Infoworld. Bersama QuaggaJS, sebuah pengembang dari Austria sedang melakukan pengembangan proyek scanner barcode dalam JavaScript demi mendukung real-time lokalisasi serta decoding barcode seperti EAN dan Code128.

Ide kerjasama ini muncul setelah Christoph Oberhofer, developer aplikasi mobile Web di Netconomy tetapi mengembangkan QuaggaJS di waktu luangnya diminta untuk memasukkan kode voucher menjadi bentuk Web.

“Voucher itu memiliki code128 barcode yang dikodekan di atasnya, dan dapat dipindai ketika ditebus di toko ritel. Aku ingin sesuatu yang membuat proses lebih interaktif dan menyenangkan, terutama bila digunakan pada ponsel,” ungkap Oberhofer.

Kerjasama bersama QuaggaJS ini diharapkan mampu  menawarkan keuntungan dalam kemampuannya untuk menemukan barcode dalam sebuah gambar. “Kebanyakan implementasi JavaScript saat ini tidak menawarkan fungsi seperti itu,” tambah Oberhofer.

 

Foto: www.visionsmarts.com