Teknopreneur.com- Asuna. Pernah dengar nama ini? Bagi orang Jepang nama ini sangat dikenal. Bukan karena dia artis ataupun musisi, tapi karena Asuna adalah adalah android hyperreal (robot android) yang  amat mirip dengan gadis berusia 15 tahun.

Tak percaya? Robot yang dirancang oleh para ahli robotika di A-Lab Co. Ltd ini memiliki detail kulit, mata, dan rambut tak ubahnya manusia biasa. Ia bahkan mampu berbicara dengan orang-orang. Kemiripan ini membuat beberapa berpikir robot ini menjadi menakutkan. Sementara yang lainnya menganggap temuan ini hal yang lucu, dan menjulukinya “pendamping di masa depan.”

Menurut berbagai blog seperti dilansir dari animenewsnetwork.com, Asuna mungkin menjadi kunci untuk mengatasi “Uncanny Valley.”

“Uncanny Valley” adalah teori estetika yang menjelaskan keengganan manusia terhadap benda-benda non-manusia tetapi berbentuk seperti manusia. Pada umumnya manusia merasa tidak nyaman dengan hal-hal yang terlalu mirip dengan dirinya, meskipun hal tersebut terlihat masuk akal.  Pada titik kesamaan visual seperti ini kebanyakan orang memiliki perasaan yang kuat  untuk menolak objek tersebut. Namun, para ahli di A-Lab berharap berbagai android seperti Asuna mampu menarik perhatian orang-orang, bukan malah dijauhi.

Diluar dari masalah diterima atau tidaknya  robot android tersebut, pertanyaan sekarang adalah untuk membuatnya semkin mirip dengan manusia, apakah para penciptanya berniat untuk mengembangkan artificial intelligence (kecerdasan buatan) untuk robot ini? Jika ini terjadi, kita mungkin akan melihat perkembangan berbagai robot yang bisa digunakan seperti komputer/PC ya.