Teknopreneur.com – Berdasarkan data dari IDC, saat ini Android masih memimpin pasar tablet di seluruh dunia dengan pangsa pasar mencapai 67,7%. Posisi kedua diduduki oleh Apple iOS yang menguasai 27,5% pangsa pasar. Lalu bagaimana dengan Windows? Sistem operasi buatan Microsoft ini menduduki posisi ketiga dengan pangsa pasar hanya 4,6% kendati demikian, perkembangannya cukup pesat. Hal ini membuat tablet Windows berpotensi menjadi saingan Android di masa depan.

Terlebih dengan semakin agresifnya Microsoft mendekati pabrikan-pabrikan tablet lokal untuk memproduksi tablet berbasis Microsoft. Baru-baru ini Microsoft menandatangani kerjasama dengan Advan. Pertumbuhan Advan yang merupakan brand lokal terbilang agresif di Indonesia, tak heran bila Corporate Vice President Consumer Channels Group – Microsoft Worlwide, Jude Buckley, bahkan khusus datang untuk membuktikan keseriusan kerjasama mereka.

Menurut Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, Lucky Gani, integrasi hardware dan software pada produk line up ADVAN Vanbook seperti pada type W80, W100 dan type lain kedepannya adalah bentuk lain dari PC dalam bentuk tablet yang terjangkau bagi konsumen di Indonesia, Hal ini juga didukung dengan kehebatan premium gaming XBOX, Productivity tools seperti Office yang terhubung Cloud Storage dan aplikasi lainnya Windows platform, hal ini menjadikan pengalaman yang komplit untuk konsumen di Indonesia.

Sementara Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto menyatakan bahwa perangkat berbasis Windows tersebut akan membuka celah pasar baru yang belum dijamah tablet-tablet berbasis Android. Tjandra menyebutkan produk harga terjangkau merupakan keunggulan Advan dibandingkan pesaing. Menurutnya, dua produk yang dibanderol di atas Rp2 juta tersebut menawarkan performa yang setara dengan komputer pribadi. Kita lihat saja bagaimana persaingannya nanti.