Teknopreneur.com – Perkembangan robotics seakan tak terbendung lagi, mengingat semakin banyak perusahaan ataupun industri, yang dalam kegiatan produksinya menggunakan bantuan robot. Hal itu, dapat  dilihat dari industri perakitan (otomotif) ataupun pengemasan barang (pabrik minuman dan makanan) yang sudah banyak mengimplementasi robot untuk memudahkan pekerjaan serta menguarangi risiko dalam bekerja.

Perusahaan manufaktur lengan robot fleksibel asal Denmark, Universal Robots memperkenalkan dua robot generasi ketiga, yakni UR 5 dan UR 10 yang dilengkapi dengan teknologi encoder absolut. Informasi tersebut diperoleh, saat Teknopreneur.com bertemu langsung  dengan Head Of Technology Universal Robots wilayah Asia Pasifik, Andrew Pether.

“Kenapa robot tersebut diberi nama seperti itu, karena UR 5 diambil dari kemampuannya dalam mengangkut beban hingga 5kg, sedangkan untuk yang UR 10 mampu mengangkat beban hingga 10kg,”katanya.

Lebih lanjut, ia pun menuturkan bahwa dengan bobot yang ringan maka sangat mungkin untuk diimplementasikan oleh UKM. “Dari segi user interface robot kami juga sangat modern, karena alat pengaturnya seperti tablet yang dilengkapi dengan fitur canggih, sehingga memudahkan customer dalam melakukan implementasi terhadap industrinya,”ucap Andrew, sapaan akrabnya.

Apa yang dimaksud dengan encoder absolut adalah membuat alat tersebut ketika dinyalakan hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk proses inisialisasi. “Jadi, tidak lagi memerlukan pemanasan  pada saat awal pengaktifan robot lengan tersebut,”ujarnya.

Selain itu, dilengkapi teknologi force censor agar sesuai konsep keamanannya, sehingga ketika ada seseorang berada di area kerja si robot lengan, secara otomatis akan melambat dan ketika orang itu menjauh maka akan kembali pada kecepatan penuh. Ia pun berharap, “Dengan robot baru kami, diharapkan dapat membantu para bisnis UKM dalam menghemat waktu serta menghemat biaya.” (FJ)