Teknoprneur.com – Menurut sebuat penelitian, hampir 70% sekolah dasar dan menengah di Inggris menggunakan komputer tablet dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, sebuah studi lain mengatakan belum ada bukti kongkrit, tentang pengaruh penggunaan tablet terhadap kegiatan akademik.

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari BBC, Rabu (3/12). Penelitian di Inggris tersebut diperoleh dari sampel representative terhadap 671 sekolah formal dan sekolah non-formal (home schooling).

Menaggapi hal tersebut, lulusan University of Cambridge jurusan pendidikan, Dr Calrke menyatakan, “Mungkin contoh kongkrit yang menyambungkan antara penggunaan tablet dalam dunia pendidikan belum ada, untuk hasil yang lebih baik.” Akan tetapi, berdasarkan laporan kepala sekolah di Inggris menyatakan, adanya dampak positif dari penggunaan tablet.

Kemudian ia menambahkan, ada motivasi yang timbul ketika para siswa belajar dengan menggunakan tablet dan membawanya pulang, yang juga perlu adanya keterlibatan pengawasan dari pihak keluarga. “Peran teknologi akan tumbuh di sekolah-sekolah,”katanya.

Sependapat dengan hal tersebut, menurut sebuah studi dari National Literacy Trust and Pearson, juga menunjukkan bahwa komputer tablet dapat membantu anak murid yang kurang mampu untuk belajar. Informasi tersebut, diperoleh setelah melakukan sebuah survei terhadap anak yang kurang mampu, karena lebih memilih membaca dengan tablet daripada buku cetak.

Menyoroti permasalahan tersebut, Kepala Honywood Community School di Essex, Simon Mason mengatakan, “Hal itu tidak dapat disimpulkan hanya dari satu faktor saja, tetapi harus ada faktor pendukung lainnya untuk menjadi kepastian bahwa tablet memang benar-benar memberikan dampak yang positif dalam kegiatan akademis.”

Lebih lanjut, ia menyatakan, penggunaan tablet memastikan perkembangan sistem belajar saat ini dan masih akan berubah nantinya. “Saya pikir penggunaan tablet, bakal memberikan pengaruh yang besar dalam dunia pendidikan ke depannya,”jelasnya.