Teknopreneur.com – Perusahaan manufaktur robot yang berfokus pada fleksibilitas dan kemudahan penggunaan, Universal Robots (UR) memperkenalkan robot anyarnya yang mereka sebut sebagai genarasi ketiga, Jakarta (4/12). Perusahaan yang bermarkas di Odense, Denmark pada tahun 2005

Andrew Pether Head of Technology Universal Robots untuk wilayah Asia Pasifik, “menyatakan mereka tidak menjual secara langsung, tetapi melalui distributor. Hal itu dikarenakan, para distributor lokal yang tahu soal market di negaranya.”

Jadi, yang bertugas memperkenalkan dan mengimplementasikan adalah distributor di masing- masing negara. Sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan adanya distributor untuk robot manufaktur.

Menurutnya, Robot buatan UR, tidak sama dengan robot lainnya, karena dilengkapi dengan sensor. “Jadi di setiap sendi robot dilengkapi dengan force censor, sehingga aman karena robot akan berenti jika mendeteksi ada benturan dengan robot lain ataupun manusia,”katanya.

Selain itu, ia pun menuturkan, kemampuan lainnya adalah robot tersebut juga dilengkapi dengan mode teach, jadi kita bisa mengajarkan  kepada robot lengan tersebut. “Robot ini sebenarnya dapat diimplementasikan untuk semua manufaktur, tetapi yang lebih dominan untuk industri perakitan dan pengepakan,”ujarnya

Reporter: Agung