Teknopreneur.com- Soal keamaanan layanan cloud ternyata tak hanya menjadi masalah di Indonesia saja. Beberapa waktu lalu Infor, sebuah perusahaan penyedia aplikasi dan jasa layanan korporasi mengatakan pasar bisnis Indonesia masih mempermasalahkan keamanan data yang tersimpan di cloud, apalagi perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan, masih belum mau menggunakan layanan cloud, karena alasan yang sama yaitu belum percaya pada sistem keamananya.

Sebuah studi baru dari CloudEntr dari 438 orang dari industri keuangan dan manufaktur menemukan bahwa 75% dari usaha kecil khawatir terhadap karyawan mereka dalam mengamankan data di awan. Sementara perusahaan besar lebih peduli tentang hacker yang menggunakan kewenangan karyawan untuk mengakses dan mencuri data dari awan.

Sebagian besar (89%) dari pendukung IT mengatakan mereka khawatir dengan keamanan sistem cloud, dan 63% mengatakan keamanan lebih penting daripada kenyamanan dalam layanan cloud.

Sebagian besar perusahaan melatih karyawannya untuk memastikan bahwa mereka tidak memberikan ID pengguna dan password ketika ada email mencurigakan muncul atau bahkan ketika menerima panggilan dari hacker yang menyamar sebagai karyawan IT.

Masalahnya adalah karena para hacker lebih cerdas untuk mengejar data, dan semakin banyak data bergerak ke awan, pencuri akan berusaha lebih kreatif lagi bagaimana mencari cara untuk mendapatkan akses ke data tersebut.

Bagaimana pun, karyawan adalah kunci keamanan terbesar bagi kebanyakan organisasi. Selain dengan memberikan pelatihan kepada karyawan, juga dalam peningkatan pengetahuan IT mereka seperti pindah dari password sederhana atau metode akses yang lebih aman sehingga tidak dapat memberikan data pada saluran telepon atau email.

Sebagian perusahaan mungkin tak mempermasalahkan penggunaan layanan cloud. Mereka menganggap menggunakan layanan awan sebagai cara untuk memperkuat metode keamanan mereka.

David S. Linthicum, pengamat industri melalui Infoworld menyarankan perusahaan yang menggunakan layanan awan untuk mempelajari lagis sistem keamanan dalam cloud. Menurutnya masalah-masalah ini dapat diatasi. Meskipun masalah keamanan harus menjadi pertimbangan dan mungkin kekhawatiran bagi mereka memutuskan untuk menggunakan layanan awan. Namaun ia menegaskan bahwa masalah itu tidak harus membuat para perusahaan berhenti beradaptasi dengan kemajuan teknologi.