Teknopreneur.com– PHP, atau Hypertext Prepocessor yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP pertama kali dirilis pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. PHP ini telah digunakan oleh WordPress dan Facebook. Dan menurut W3Techs telah digunakan 82 persen oleh situs.

Seperti teknologi apapun, meski PHP banyak memiliki penggemar, tetapi tetap saja ada banyak pula yang mengkritik. Salah satu Andi Gutmans, CEO di Zend Technologies mengatakan PHP menggunakan bahasa pengembangan web yang paling populer. Hal ini diamini Josh Lockhart, pengembang Web pada Media Kampanye yang mengatakan PHP relatif mudah dipelajari.

Sementara Gutmans berkata PHP membantu mencari uang dan mencari pekerjaa.  pada server-side web, kata. Selain itu menurut mereka PHP selalu up to date dengan fitur-fitur modern dan model pemrograman yang tepat. Seperti versi 7, yang menawarkan peningkatan kinerja PHP untuk para pelanggannya.

Sedangkan bagi orang yang tak suka, seperti blogger Eevee mengatakan hampir setiap fitur dalam PHP rusak. Ia juga berpendapat  bahasa yang digunakan tidak konsisten.

Di Indonesia sendiri PHP banyak digunakan oleh para jasa pembuatan web seperti rumah web misalnya. Bahkan ada juga PHP Indonesia, sebuah komunitas untuk semua orang yang mencintai PHP, dan fokus pada pemrograman menggunakan bahasa PHP, penanganan memcached, optimasi database, konfigurasi server, tuning server web, application deployment, framework PHP, hosting pilihan dan lainnya.

Kalu Anda termasuk yang mana? Menyukai PHP atau justru termasuk orang yang mengkritiknya? (FJ)

 

Foto: outstripsolutions.net