Teknopreneur.com- Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII,Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012 mencapai 63 juta, sedangkan 2013 menjadi 71,19 juta pengguna. Angka ini menunjukkan kenaikan 19%. Dan tahun ini  di kuartal pertama sudah mencapai angka 82 juta pengguna.

Hal ini menunjukkan bahwa penetrasi internet telah berhasi melewati growth nasional namun sayang penyebarannya tak merata. Misalnya saja di Jawa-Bali, Jakarta yang jadi pemimpin dengan penetrasinya, mencapai angka 42,8%. Sedangkan Banten yang letaknya masih berdempetan dengan ibu kota justru menjadi yang terkecil di Pulau Jawa dengan persentase 21%.

Ada tiga hal yang paling memengaruhi dalam proses pertumbuhan internet di Indonesia pertama faktor ekonomi yakni pertimbangan untuk memilih akses internet yang lebih murah dengan perangkat yang terjangkau. Kedua kecenderungan untuk menggunakan teknologi yang mudah untuk digunakan. Dan yang terakhir kebudayaan orang Indonesia yang lebih suka ngerumpi atau mengobrol  bersilahturahmi di dunia nyata dibandingkan dengan chating di dunia maya.