Teknopreneur.com – Kemarin, dikabarkan jika dua operator telekomunikasi seluler terbesar di negeri ini yakni PT Indosat Tbk dan PT XL Axiata Tbk bekerja sama guna membangun ekosistem e-commerce e-money di Indonesia. Tentu saja hal ini dikatakan mereka bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membangun cashless society alias GNNT (gerakan nasional non-tunai).

Meski begitu, menurut Executive Director Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi, program yang dilakukan dua operator raksasa itu tidak lantas tak memiliki risiko. Kekhawatirannya adalah jika mata rantai ada yang tidak kuat, maka ekosistem yang dibangun pun tak akan sempurna.

“Muaranya e-commerce maupun e-payment tdk optimal,” ujarnya kepada teknopreneur.com.

Di sisi lain, dirinya pun mengapresiasi jalinan kerjasama yang dilakukan dua operator besar itu untuk bersinergi mengembangkan ekosistem e-commerce dan e-money.

“Sekarang e-commerce indonesia belum optimal, perlu dibangun ekosistem secara bersama. Kerja sama yang dilakukan ini mutlak diperlukan, bukan hanya antaroperator, tapi juga dengan BI, OJK, pengguna serta perusahaan pengiriman barang spt PT Pos, Tiki dan sebagainya,” ungkapnya.