Teknopreneur.com- Dalam masa pemerintahannya Jokowi  menjanjikan membangun sejumlah pembangkit listrik berkapasitas total 35.000 Mega Watt (MW). Proyek ini dikabarkan dikepalai oleh Wakil Presiden, Jusuf Kalla dan tentunya dalam pembangunannya Kementerian ESDM, BUMN dan PLN akan saling bekerjasama.  Secara menyeluruh dikatakan oleh Rini Soemarno, Menteri BUMN bahwa pembangunan proyek 35.000 MW ini akan berasal dari Mulut Tambang, juga akan memperbesar proyek yang sudah ada.

Ia menggambarkan di Lampung misalnya, sudah di bangun oleh PT Adhi PLTU 2×100 MW. Proyek senilai US$219 juta ini berlokasi di dusun Sebalang, desa Tarahan kabupaten Lampung Selatan, dan kini sudah beroperasi. Rini menuturkan jika dilihat lahan itu masih bisa dipakai untuk 2×300 MW. Dan itu salah satu yang akan ia dorong untuk pembangunan selanjutnya.  Hal ini terkait dengan masalah power plan yang selama ini terjadi adalah pembebasan lahan.

“Jadi targetnya jika masih memiliki peluang lahan masih besar maka akan semakin kita perbesar lagi. Karena itu juga mempermudah dihubungkan dengan transmisi yang sudah ada,” ujar Rini. (FJ)

 

Foto: m.energitoday.com