Teknopreneur.com –Meski iklan digital menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, namun pertumbuhan iklan di media televisi tetap terdepan. Belanja iklan di televisi terus mendominasi pada tahun 2013, dengan pengeluaran total hampir Rp73 triliun, meningkat dari 27,5% dibanding tahun sebelumnya. Secara keseluruhan belanja iklan TV adalah 68.3% dari total belanja iklan dicatat oleh Nielsen Media Measurement.

Sepintas data di atas memang terlihat seperti sebuah anomali ketika saat ini semakin banyak orang memilih untuk percaya bahwa media tradisional telah ditinggalkan oleh pendengarnya yang sekarang lebih aktif di media online, terutama di jaringan dan media sosial. Tapi ternyata iklan televisi tetap jadi idola.

Seperti kata M Gunawan Alif, Pakar Periklananan, Iklan televisi tampaknya menjadi favorit bagi para pengiklan untuk beberapa alasan sederhana: media ini adalah satu-satunya media yang memiliki ukuran yang tercatat secara detail dari menit ke menit, berdasarkan data people meter dari Nielsen rating dan share. Selain itu, pengiklan memiliki keyakinan bahwa penonton Indonesia lebih suka menonton televisi jika dibandingkan dengan perangkat digital atau media cetak.