Disney Kuasai Pasar Merchandise Dunia

53

Teknopreneur.com- Merchandise ternyata merupakan salah satu market yang amat menguntungkan bagi industri film. Tak dapat dipungkiri merchandise  bisa dijadikan sebuah ukuran apakah film tersebut diterima oleh masyarakat atau tidak. Meski tak berarti film dengan penjualan merchindise yang tinggi, filmnya juga sangat laku. Namun, penjualan merchandise dapat memberikan dampak yang besar dalam promosi film. Dengan terjun ke pasar merchandise, produser film mendapatkan keuntungan dari dua pasar sekaligus.
Artikel dari The  Richest  melaporkan perusahaan produsen film-film terlaris yang tak lain lain adalah Walt Disney Company. Disney memiliki hak waralaba film mereka. Salah satu merchandise paling tenar yang mereka jual adalah Star Wars, selama 33 tahun sampai sekarang masih memiliki penggemar yang sangat loyal.

Disney memang memberikan dampak yang besar bagi anak-anak dari semua generasi. Disney mampu meyabet predikat penjual merchandise terlaris di dunia.

Seperti telah disinggung di atas, dari penjualan merchandise Star Wars telah mengumpulkan total US$12 miliar. Sejak tahun 1977, “Star Wars” terus menjadi merchandise populer terkemuka di seluruh dunia.

Selain Star Ways, merchandise Disney lain yang amat laku di pasar adalah Cars. Dengan total penjualan US$10. Cars melampaui penjualan merchandise sebagian besar film Disney lainnya. Jumlah ini tidak hanya tentang merchandise, tetapi juga penjualan DVD dan berbagai macam perlengkapan lainnya.

Dan, Frozen adalah salah satu film animasi Disney sukses sepanjang masa. Rupanya, daya tarik Frozen memiliki dampak yang besar pada penjualan merchandise. Saat ini, penjualan untuk merchandise Frozen telah berada di angka US$5,3 miliar.

Tak hanya tiga film itu saja, masih ada Transformers, dengan mengumpulkan total angka US$3 miliar dari film pertama yaitu Transformers: Age of Extinction. Jumlah ini cukup kecil, tapi jelas Transformers bisa dikatakan salah satu bagian dari penjualan merchandise sukses selama beberapa dekade. Terakhir, produk Walt Disney paling laku di pasar merchandise adalah Toy Story, dengan total US$ 2,4 milIar.

 

Wah, ternyata merchandise bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bukan? Sayangnya Indonesia belum punya karakter yang kuat yang mampu dijual di pasar merchandise dunia.