Teknopreneur.com –Menurut Wall Street Journal, Sony sengaja untuk tidak memasang brand pada jam tangan e-paper buatannya. Lantas apa tujuan sebenarnya Sony melakukan hal itu?

Seperti yang telah dilakukan sebelumnya, Sony menghapus nama Erricson pada perangkat mobile buatannya yang disebut dengan spin-off. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari BBC News, Jumat (28/11).

Spin off atau disebut juga mode Entertainments itu dilakukan untuk mengukur sejauh mana minat publik terhadap produknya. Menurut salah seorang yang terlibat dalam pengembangan Fes Watch, “Kami menyembunyikan nama Sony, karena kami ingin menguji nilai riil produk ini, apakah akan ada permintaan untuk konsep kita.”

Menanggapi hal itu, juru bicara Sony menegaskan, bahwa Fashion Entertainments adalah sebuah divisi dari Departemen Penciptaan Bisnis Baru yang bekerja pada sejumlah prototipe e-paper.

Produk inovasi e-paper lainnya yang dihasilkan oleh Fashion Entertainments meliputi sepatu, busur-dasi dan kacamata. Salah satu kekurangan jam tangan e-paper adalah tidak menggunakan layar LCD yang pada umumnya banyak digunakan oleh smart watch.

Namun, menurut Stuart Miles, hal itu bukanlah masalah besar bagi perkembangan jam tangan yang menggunakan teknologi e-paper tersebut. Ia menambahkan,“Lihatlah jam tangan tradisional sekarang, kebanyakan dari jam tradisional hanya menampilkan waktu saja dan kami senang dengan itu.”

Perlu diketahui, untuk pengembangan Fes Watch, Sony lebih memilih memperoleh dana dari crowdfunding, dengan dana yang terkumpul dari para dermawan baru mencapai US$30.000. Kemudian, Sony juga belum memastikan, kapan jam tangan e-paper-nya itu bakal dirilis.