Teknopreneur.com – Pasar e commerce akan semakin berkembang seiring pertumbuhan kelas menengah. Apalagi diperkirakan pada tahun 2020, kaum urban akan mendominasi pasar e commerce indonesia. Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Ketua iDea, Daniel Tumiwa.

Dirinya pun memprediksi jika pasar di luar pulau Jawa seperti Sumatera dan Sulawesi juga akan mengalami pertumbuhan pengguna e commerce. Bahkan, jika prediksi itu terjadi, maka bisa saja di lima tahun mendatang, e commerce akan tumbuh 10 kali lipat dari 3 persen menuju 30 persen.

“Kami perkirakan akan tumbuh 10 kali lipat di lima tahun mendatang,” ungkapnya saat di acara Startup Asia di Jakarta, hari ini.

Berdasarkan data dari emarketer, Indonesia memang akan diperkirakan mengalami pertumbuhan e-commerce yang lebih besar dibanding negara-negara lainnya. Penjualan secara online di Indonesia diperkirakan akan meningkat menjadi US$2,60 miliar dari US$1,8 miliar.

Sementara itu, Cina, yang pasar e-commerce-nya 100 kali lebih besar dari Indonesia, diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tercepat kedua di dunia. Diperkirakan penjualan online di Cina bakal meningkat menjadi US$274 miliar jika sebelumnya US$181 miliar.