Teknopreneur.com – Secara teknologi internet di Indonesia menurut Zaroni, Senior Consultant ā€“ Supply Chain Indonesia (SCI) Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis, PT Pos Logistik Indonesia sudah mampu mendukung kebutuhan dan perkembangan aktivitas e-Logistics. Sementara hal yang perlu ditingkatkan adalah kesiapan integrasi proses bisnis, proses operasi, dan prosedur dalam sistem e-Logistics baik di tingkat internal perusahaan, maupun antar perusahaan dalam SCM.

Untuk mendukung itu semua, Zaroni menambahkan beberapa hal yang harus disiapkan adalah perbaikan dan penyiapan faktor-faktor 3 kunci keberhasilan e-Logistics seperti: Faktor people melalui pengembangan kompetensi dalam bentuk pelatihan, perubahan cara kerja dari tradisional ke sistem e-Logistics, dan kualitas people sebagai penghasil dan pengguna informasi sistem e-Logistics.

Untuk faktor proses, perlu penyiapan pada perubahan proses bisnis, pola operasi, dan prosedur yang disesuaikan dengan platform e-Logistics, dengan melalukan integrasi sistem informasi logistik dan SCM dari berbagai pelaku logistik dan penyedia jasa logistik.

Dan kunci yang ketiga yaitu faktor infrastruktur, penyiapan sarana, sistem aplikasi, dan regulasi yang mendukung implementasi e-Logistics. Keandalan, kemudahan, dan responsif menjadi syarat mutlak dari kualitas infrastuktur sistem e-Logistics. (FJ)