Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara menuturkan, di era serba digital saat ini, peran humas harus berubah seiring perkembangan teknologi. Artinya, peran humas tak lagi sekedar memberi informasi satu arah, melainkan harus menjadi jembatan informasi kepada pers.

Rudiantara pun mengatakan,“Humas ke depan harus menjawab tantang perkembangan teknologi yang semakin pesat. Jadi, memang dibutuhkan keahlian lain untuk meningkatkan profesionalisme humas, di mana mereka harus menjadi inspirator dan penghubung pemerintah dengan public

Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman resmi Kominfo, dalam berita kementerian, Selasa (25/11). Ia juga mengimbau seluruh humas di instansi pemerintahan harus menjadi humas yang bernas, inovatif dan mampu menjadi fasilitator masyarakat.

Menurutnya, untuk menuju ke arah itu, humas membutuhkan sejumlah keahlian. Maka dari itu, Ia pun meminta Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas), untuk di evaluasi oleh mitra strategisnya, yaitu media pers.

Kemudian ia menyatakan, pihaknya akan meminta PWI agar Bakohumas dievaluasi oleh awak media. “Bakohumas ini diadakan setiap tahun, ada award tapi tidak pernah dievaluasi. Saya minta pers sebagai mitra kerja untuk bisa mengevaluasi Bakohumas,”ujarnya.