Teknopreneur.com – Samsung temukan lagi inovasi terbarunya yakni bernama EYECAN+. Teknologi teranyarnya ini, mengambil alih fungsi mouse atau tetikus komputer dengan mata pengguna untuk bisa menjelajah internet, menulis dan mengedit dokumen cukup dengan gerakan mata. Terobosan baru ini dikembangkan oleh sejumlah relawan insinyur yang enggan menjual hasil temuannya ini.

Harapan para insinyur yang dikutip teknopreneur.com dari CBCNews ini adalah temuan mereka bisa dimanfaatkan oleh kaum difabel, bukan untuk tujuan komersil. Teknologi mata Samsung ini sudah masuk ke generasi kedua, dan pengguna tak harus mengenakan perangkat mata atau dalam posisi tubuh tertentu untuk bisa mengoperasikannya. Samsung mengatakan tidak akan menjual EYECAN+ tapi justru akan memproduksi dalam jumlah terbatas untuk disumbangkan ke kelompok-kelompok amal.

Teknologi dan rancangan ini akan tersedia open source, artinya kelompok dan perusahaan lain bisa mengembangkannya untuk mengkomersilkan tetikus mata ini, kata Samsung.