Teknopreneur.com – Industri digital kreatif di Indonesia memang sedang mengalami pertumbuhan yang pesat. Hal ini, seperti yang diutarakan oleh Plt Direktur Utama PT Telkomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Indra Utoyo. Dia menuturkan, saat ini industri digital kreatif yang sedang menunjukkan taringnya adalah industri game dan aplikasi mobile.

Hal tersebut, ia sampaikan dalam acara peresmian Jakarta Digital Valley di Menara Multimedia, Jakarta, kemarin (25/11). Namun, bagaimana perkembangan industri digital kreatif yang lainnya?

Menanggapi hal tersebut, Indra Utoyo melanjutkan bahwa keterhambatannya adalah mindset harus dibuat lokal serta inovasinya harus berkelanjutan, sebab dari tahap ke tahap itu perlu investasi baru. Mulai dari Ide menjadi proto tipe, kemudian jadi produk, hingga makin lengkap dan tertib sampai diproduksi, “Itu kan harus di follow up terus,” jelas Indra.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, Telkom sebagai perusahaan dibidang teknologi informasi sudah menyiapkan tahapanya mulai dari creative camp sampai creative capital. “Dengan adanya digital valley di beberapa kota besar ini, manajemen inovasi dan mentor yang bagus, diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta mempercepat bagi tumbuhnya inovasi dari para start up lokal,” tutupnya.