Teknopreneur.com – Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan Indonesia akan bekerjasama dengan Finlandia terkait pembangunan energi terbarukan. Kata dia, kerja sama Indonesia-Finlandia akan menggarap 22 proyek senilai €4,10 juta. Proyek itu seluruhnya akan digarap di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Riau.

Dari 22 proyek tersebut, 14 proyek yang dilaksanakan di Provinsi Riau dan delapan proyek dilakukan di Kalimantan Tengah. Dalam implementasinya nanti, seperti yang dikutip teknopreneur.com dari bisnis.com, proyek hasil kerjasama kedua negara itu akan fokus pada proyek studi kelayakan di bidang investasi bioenergi, proyek demonstrasi di daerah perdesaan, tiga proyek berbasis industri, dan proyek di bidang pengembangan kapasitas.

Menurutnya, proyek itu telah diaplikasikan oleh komunitas di dua provinsi tersebut. Rida mencontohkan aplikasi bioenergi untuk sektor industri atau komersial berupa lima studi kelayakan. Sementara, menurut Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Päivi Hiltunen-Toivio, kerja sama antara Indonesia dan Finlandia sebetulnya sudah dimulai sejak tiga tahun lalu atau lebih tepatnya pada 2011. Awalnya jalianan kerja sama dilakukan dari komunitas kecil hingga industri. “Peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait energi terbarukan juga dijalankan,” jelasnya.