Teknopreneur.com – Queensland merupakan pemasok produk daging sapi terbesar di Australia. Namun nyatanya tak hanya di Australia, beberapa bulan mendatang Indonesia juga akan kebanjiran pasokan daging sapi dari Queensland. Apa yang membuat Queensland terkenal dengan industri daging sapinya? Hingga mencapai nilai AUD 3,2 miliar.

Rupanya negara ini terkenal dengan kualitas dagingnya yang tinggi dan bebas penyakit. Praktik penelitian, pengembangan, dan produksinya membuat daging sapi dan ternak Queensland adalah salah satu yang paling aman di dunia.

Padang rumput Queensland merupakan kombinasi dari genetika, bioteknologi, vaksin, manajemen persediaan dan perawatan hewan paling mutakhir, hingga mampu menghasilkan lebih dari 12 juta ekor sapi kelas dunia setiap tahun.

Pada tahun 2012-2013, produk makanan dan hewan hidup yang diekspor dari Queensland ke Indonesia mencapai nilai AUD 389 juta. Queensland mengekspor lebih dari 635.000 ton daging sapi pada tahun 2012/2013 ke 78 negara; angka tersebut mewakili 60 persen ekspor daging sapi Australia.

Ekspor beragam produk pertanian dan makanan Queensland ke Indonesia pada tahun 2012-2013 mencapai nilai total AUD 6,3 miliar.

Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan John McVeigh mengatakan Pemerintah Queensland telah berkomitmen untuk memastikan industri daging sapi didukung penuh dan menempati posisi yang baik untuk mengambil keuntungan dari semua peluang pasar. Hal ini tertuang dalam rencana aksi industri daging sapi pemerintah Queensland yang dirilis awal tahun ini.

“Untuk meningkatkan produksi kita perlu manajemen dan genetika yang lebih baik. Kita perlu menarik investasi baru dan kita membutuhkan nutrisi yang lebih baik melalui peningkatan kualitas padang rumput, tanaman untuk pakan ternak, dan pusat penggemukan sapi,” kata McVeigh.

Veigh menambahkan mereka perlu terus berinvestasi dalam penelitian baru, mempromosikan praktek terbaik untuk produsen dan bekerja sepanjang rantai pasokan untuk mendukung ekspansi prosesor dan fokus pada akses pasar.

Wah, bagaimana industri daging sapi Queensland tak maju. Semua rantai produksi dari mulai penyediaan lahan, faktor genetika, vaksin, manajemen persediaan dan perawatan dipersiapkan dengan sangat matang. Indonesia jangan hanya bangga mengimpor daging sapi Queensland, kita juga perlu mengadopsi teknologi yang diterapkan di sana dan memajukan industri daging sapi Indonesia. Setuju? (FJ)