Teknopreneur.com – Sebuah perusahaan nano-teknologi di Israel, StoreDot menyatakan, telah mengembangkan teknologi yang dapat mengisi baterai ponsel hanya dalam 30 detik serta mampu mengisi tenaga mobil listrik hanya dalam hitungan menit. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Reuters, Senin (24/11). 

StoreDot pun menjelaskan, “Dengan menggunakan nano-teknologi untuk mensintesis molekul buatan yang mampu membuat baterai dapat menyimpan muatan yang jauh lebih tinggi serta lebih cepat. Prinsip dasarnya, sama seperti spons super padat yang dapat menyerap tenaga dan menampungnya.”

Akan tetapi, baterai tersebut masih dalam bentuk prototype dan masih terlalu besar untuk sebuah ponsel. Perusahaan tersebut yakin, baterai ponsel yang dapat terisi penuh hanya dalam 30 detik tersebut akan mulai dipasarkan pada tahun 2016 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Pendiri  dan Kepala Eksekutif StoreDot, Doron Myserdorf menyatakan, “Ini adalah bahan-bahan baru,dan tidak pernah dikembangkan sebelumnya.” Kemudian ia menambahkan, Inovasi ini didasarkan pada penciptaan nanodots, sebagai molekul peptida bio-organik sehingga baterai dapat menyerap tenaga lebih cepat, mengurangi resiko kerusakan dan menampung lebih banyak tenaga.

Dengan jumlah pengguna smartphone diperkirakan akan mencapai 1,75 miliar tahun ini, StoreDot melihat pasar yang besar. Myersdorf mengatakan,“Dengan pengisian baterai yang cepat, Anda akan menghemat biaya sekitar US$100-150 serta mampu bertahan hingga 1.500 siklus pengisian atau sekitar tiga tahun.

Ia berharap, dengan menggunakan teknologi yang sama, nantinya akan membuat mobil listrik mampu mengisi baterai hanya dalam dua atau tiga menit saja.