Perkembangan teknologi telah membuat semua layanan berubah serba elektronik, tak terkecuali di bidang logistik. Memang seberapa penting e-logistics?

Menurut Zaroni, Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) yang juga Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pos Logistik Indonesia kebutuhan akan e-Logistics tak bisa dihindari sejalan dengan perkembangan internet di Indonesia yang telah mengubah platform bisnis dari platform konvensional ke platform elektronik.  Sehingga sistem pemindahan barang dan jasa dapat dilakukan melalui Electronic Data Interchange (EDI), e-mail, dan web.

 

Bagaimanapun Zaroni berpendapat perkembangan teknologi internet yang semakin intensif dan masif mengharuskan perusahaan atau pebisnis untuk segera menerapkan e-Logistics dalam sistem dan manajemen logistiknya. Para perusahaan atau pebisnis mulai mengintegrasikan rantai pasok dan distribusi barang dalam SCM. 

Mengapa e-Logistics harus diterapkan di Indonesia?

Menurut Senior Consultant Supply Chain Indonesia (SCI) ini, ia  melihat ini sebagai kesempatan untuk memperbaiki kinerja logistik di Indonesia, baik pada wilayah mikro maupun penyedia jasa logistik (third-party logistics) dalam mempercepat produk tiba di pasar dengan biaya logistik yang paling efisien.

Ia menambahkane-Logistics memberikan manfaat utama dari percepatan arus informasi, keakuratan data, dan yang penting adalah kemampuan untuk mengintegrasikan data berbagai sumber dari suatu sistem logistik, sehingga tiga aktivitas kunci dalam logistik yaitu arus informasi, keuangan, dan barang dapat berjalan secara lancar. Lalu apa kira-kira syarat menerapkan e-Logistics ya?