Teknopreneur.com – Penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Inggris dikabarkan Reuters (Minggu, 23/11) mengajukan keluhan kepada regulator Ofcom. Mereka menuntut persaingan yang lebih besar di pasar bisnis broadband. Mereka mengatakan BT BT.TN memiliki kans monopoli pasar yang efektif.

Asosiasi Telekomunikasi Inggris (UKCTA), mengatakan perusahaan lain juga seharusnya diizinkan untuk meletakkan kabel sendiri di saluran BT dan menggunakan peralatan mereka untuk mengontrol kabel BT. Hal ini kata mereka juga akan berdampak pada peningkatan pelayanan dan mendorong inovasi.

Hal tersebut, tentu saja berdampak pada “tidak terimanya” perusahaan-perusahaan seperti Sky (SKYB.L), EE (ORAN.PA) (DTEGn.DE), TalkTalk (TALK.L), Virgin Media (LBTYA.O) dan Vodafone (VOD.L), jika banyak konsumen tidak tahu siapa yang bertanggung jawab dengan jaringan ketika layanan terganggu.

Di sisi lain, jaringan bisnis BT Openreach, yang notabene mengelola jaringan telekomunikasi nasional, terus mendominasi bagian bisnis pasar ini hingga 30 tahun setelah perusahaan itu diprivatisasi. Seorang juru bicara BT mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Openreach harus secara sukarela menerbitkan kinerja pelayanan untuk mencerminkan komitmennya pada peningkatan pelayanan serta berbagi jaringan BT.