Teknopreneur.com- Apa yang membuat jam ini menjadi termahal di dunia? Ternyata jam bernama the Henry Graves Supercomplication ini dikategorikan sebagai jam paling rumit dalam pembuatannya. hinga laku dalam lelang minggu lalu dengan harga sekitar US$21,3 juta(Rp.260 miliar).

Jam ini merupakan karya dari Patek Philippe pada 1933. karena kerumitannya, Philippe memerlukan waktu 8 tahun untuk mengerjakannya, dari tahun 1925-1933.

Yang tak biasa dari jam ini, di dalamnya terdapat lonceng (jam menara) Westminster (di Inggris), kalender, waktu matahari terbit dan terbenam, juga berisi peta langit malam New York. Karena kelebihan tersebut, sehingga menjadikan jam ini tak sekedar  difungsikan untuk melihat waktu.

Jam itu dibuat untuk bankir Amerika Henry Graves Junior dan pemilik terakhir jam ini adalah kolektor seni Qatar, Saud Bin Mohammed Al-Thani, kemudian dilelang di Jenewa, Swiss, dua hari setelah ia meninggal.

Hasil penjualan jam tersebut digunakan untuk membantu pembayaran utang Sheikh al-Thani kepada rumah lelang Sothebys. Sheikh al-Thani menghabiskan lebih dari US$1 miliar untuk membangun koleksi seni Qatar.