Teknopreneur.com – Kerjasama antara PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dengan Space Systems/Loral (SSL) akhirnya terjalin untuk membuat satelit komunikasi PSN VI. Nantinya, satelit hasil kerjasama ini berbasis platform SSL 1300. Pasalnya, dengan berbasis platform tersebut, telah terbukti dan mampu memberikan fleksibilitas untuk beragam aplikasi dan kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi.

Rencananya, satelit PSN VI akan diluncurkan pada awal tahun 2017 sekaligus akan menempati slot orbit 146 derajat Bujur Timur. Mereka mengklaim bahwa satelitnya ini dirancang untuk dapat memberikan layanan selama 15 tahun bahkan lebih.

“Kami senang dapat bekerjasama dengan SSL untuk pembuatan satelit terbaru kami, PSN VI. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan menjadikan PSN dapat melayani pasar sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan sebelumnya. Kerjasama ini akan memperkuat komitmen PSN untuk menjadi perusahaan satelit terbaik dalam hal inovasi teknologi dan produk-produknya,” kata Presiden Direktur Pasifik Satelit Nusantara Adi Rahman Adiwoso berdasarkan dari rilisnya, Kamis (20/11).

Sebetulnya, kontrak kerjasama yang dilakukan ini telah disepakati sejak 29 Oktober 2014. Dari kerjasama ini ke depan diharapkan akan mampu menyediakan layanan komunikasi di seluruh wilayah Asia Tenggara termasuk High Throughput Satellite (HTS) payload untuk layanan internet pita lebar di Indonesia.

Dengan transponder C-band dan Ku-Band, PSN VI akan digunakan untuk melayani komunikasi suara dan data, distribusi video serta layanan internet pita lebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. PSN merupakan perusahaan telekomunikasi satelit swasta pertama di Indonesia dan penyedia jasa satelit terkemuka yang menjangkau berbagai layanan telekomunikasi berbasis satelit di Asia.

“PSN terbukti telah berhasil dalam mengembangkan teknologi satelit untuk memberikan solusi komunikasi yang inovatif yang membantu meningkatkan kualitas kehidupan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang tidak terjangkau,” ujar Presiden SSL John Celli.