Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan, “Dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan membuat akses internet di Indonesia makin cepat. Anggaran subsidi konsumtif, yang tadinya digunakan untuk BBM akan dialihkan untuk anggaran pembangunan yang produktif, untuk pembangunan jaringan pita lebar.”

Ia menjelaskan, Broadband Plan akan digagas dari jangka waktu 2014-2019. “Program ini merupakan salah satu cara meratakan infrastruktur internet di Indonesia, mulai dari desa hingga perkotaan. Namun, memang disesuaikan dengan karakteristik daerah Indonesia yang beragam,”ujarnya, seperti yang dikutip dari laman resmi Kemkominfo, Kamis (20/11).

Rudiantara menambahkan, biar bagaimanapun tidak bisa disamakan antara desa dan kota. “Kalau di kota, beberapa homepass dan gedung perkantoran harus dilewati kecepatan internet 100 Mbps,” katanya.

Kemudian ia pun menyatakan, tugas besar yang diemban oleh Kementerian Kominfo ini telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Broadband Plan ini perlu mendapatkan perhatian untuk menyokong program pemerintah lainnya seperti e-Government atau e-Health.