Teknopreneur.com – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyatakan, “Rapat kerja dengan tema ‘Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas dan Kesejahteraaan Masyarakat’, akan dijadikan sebagai acuan bagi program ataupun kegiatan yang akan dikerjakan oleh Satuan Kerja di lingkungan kominfo.” Hal tersebut, diungkapkannya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), di Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Ciputat, Kamis (20/11).

Lebih lanjut, Rudi menyatakan, beberapa hal yang menjadi prioritas dalam Lima tahun kedepan diantaranya yaitu pemenuhan Hak Warga Negara untuk memperoleh informasi, memanfaatkan informasi, dan menyebarluaskan untuk meningkatkan kepribadian dan lingkungan sosial sesuai Pasal 28 F UUD 1945.

Kementerian Kominfo menyatakan, akan memastikan dan menjaga kedaulatan informasi serta penyebaran informasi di wilayah perbatasan RI, melalui berbagai kegiatan dan program, antara lain pembangunan aksesibilitas dan kualitas pelayanan telekomunikasi di wilayah terpencil sebanyak 850 BTS. Dan juga penyediaan akses Broadband internet di 5050 titik lokasi revitalisasi sarana dan prasarana siaran LPP TVRI.

Kemudian, Kemkominfo juga akan melakukan penguatan Back Office pemerintah, untuk memperlancar konektivitas antar instansi pemerintah dan mendukung Pembangunan Goverment Radio Network (GWN). Kemudian Public Protection and Disaster Relief (PPDR) Nasional, Layanan Perizinan Online (e-license), Penerapan arsitektur e-Goverment, layananan e-Goverment terintegrasi dengan menyediakan data center nasional pemerintah.

Selain itu, Kementerian Kominfo akan terus melanjutkan pembangunan jalan tol informasi untuk mendukung transformasi perekonomian nasional melalui proyek Palapa Ring, serta mendorong penyelenggara jaringan telekomunikasi untuk menyediakan jaringan Pita Lebar, baik fix maupun mobile. Hal tersebut, guna mengantisipasi dampak negatif dari perkembangan TI terhadap seluruh masyarakat terutama pada generasi muda, agar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dengan baik.