Teknopreneur.com – Yahoo Inc dan Mozilla Firefox Corp, bersepakat untuk menggantikan Google Inc sebagai mesin pencari default web browsernya di Amerika Serikat. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari laman Reuters, Rabu (19/11).

Menanggapi hal itu, Chief Executive Yahoo, Marissa Mayer mengatakan,“Ini akan membantu meningkatkan pangsa pasar kami yang sedang lesu.” Yahoo menyatakan, kesepakatan antara kedua perusahaan tersebut, baru akan dimulai para bulan Desember untuk kerjasama selama 5 tahun.

Ketika disinggung soal nilai kontrak kerjasama, Marissa tidak mengungkapkan berapa nilai pastinya, kecuali pembagaian hasil pendapatan. “Kemitraan yang mengintegrasikan Yahoo ke dalam browser Firefox untuk Desktop PC dan Perangkat mobile ini, akan membuat saham Yahoo naik,”ucap Marissa.

Menurut lembaga riset comScore, Saham Yahoo sebagai mesin pencari di US hanya memperoleh pangsa pasar 10%. Sedangkan, mesin pencari Internet Explorer miliki Microsoft memperoleh pangsa pasar sekitar 20%, Google Chrome 67% dan 3% dari mesin pencari lainnya.

Saham Yahoo pun mengalami peningkatan 1% menjadi US$51,10, terhitung sejak hari Rabu.