Teknopreneur.com – Harga BBM yang melambung, lagi-lagi tidak menyurutkan langkah anak negeri untuk memoles kreatifitas lagi melalui inovasi di bidang teknologi. Seperti halnya mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang berhasil merakit sepeda motor supaya dapat menggunakan bahan bakar air. Hasil inovasi itu merupakan kreativitas dari mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

“Ini menjawab tuntutan masyarakat, khususnya karena harga BBM naik,” ujar Dr Tulus Ikhsan Nst, dosen pembimbing yang dilansir dari Kontan.co.id, Rabu (19/11/2014). Menurutnya, sepeda motor standar bisa dimodifikasi sehingga berbahan bakar bioetanol plus air.

Dalam uji coba itu, sebanyak 500 mililiter air terlihat diletakkan tepat di jok belakang, berdampingan dengan bioetanol di dalam sebuah tempat transparan. 500 mililiter air tersebut, ternyata mampu digunakan untuk menjadi bahan bakar menembus 300 kilometer perjalanan. Namun, apakah dengan teknologi ini mampu dibuat massal? Jangan hanya menjadi dokumen yang tertumpuk begitu saja.