Teknopreneur.com – Teknologi berbasis cloud computing mulai ramai diperbincangkan di Indonesia. Cloud computing di Indonesia mulai dikenal sekitar lima tahun lalu dan terus memperlihatkan pertumbuhan yang positif. Pasar Cloud Computing Indonesia pada tahun 2013 mencapai Rp.3,6 triliun atau naik 70% dibandingkan 2012 sebesar Rp2,1 triliun. Tahun ini diprediksi mencapai angka 6,1 triliun.

Ini pula yang membuat Infor, sebuah perusahaan penyedia aplikasi dan jasa layanan korporasi tak cepat puas dalam bisnis on premise, ia juga kemudian mengembangkan usahanya dalam bisnis cloud computing.

Tak tanggung-tanggung ia menggandeng Amazon Web Services (AWS). Kerjasama bersama Amazon bukan pilihan yang tak disengaja. Infor percaya dalam segi keamanan Amazon dinilai tak ada duanya.

Hal ini terkait juga kepercayaan pelanggan tentang kamanan data mereka yang tersimpan di cloud. Apalagi pasar Indonesia, selain isu bandwidth, masalah kepercayaan soal data menjadi hal yang amat penting. Hal ini juga diungkapkan oleh Muhammad Fitrah, Managing Director Infor Indonesia.

Ia mengatakan di Indonesia belum ada perusahaan yang menggunakan teknologi berbasis cloud computing, dan masalah kepercayaan lagi-lagi menjadi hal yang utama.
“Perusahaan-perusahaan masih menggunakan on premise. Mereka masih ragu-ragu menggunakan sistem cloud,” ungkapnya.

Padahal menurutnya, teknologi Infor sudah sangat siap, dengan data center-nya yang terletak di Singapura dengan kapasitas unlimited. Melihat kenyataan itu, untuk saat ini Infor memilih fokus menggeluti bisnis seperti industri makanan dan minuman, fashion, logistik, manufaktur, minyak dan gas, otomotif, dan asuransi. Dengan fokus platform menangani data pelanggan dan pengelolaan SDM perusahaan. Mereka yakin Infor bisa menjadi inovator di bidang cloud.

Pilihan ini diambil bukan karena alasan teknologi yang tak siap. Fitrah mengaku teknologi mereka sudah sangat siap, hanya saja pasar Indonesia masih enggan menggunakan sistem cloud untuk urusan keuangan. “5-10 tahun lagi baru terjun ke bidang keuangan,” tambahnya. (FJ)