Teknopreneur.com – Nampaknya Telkomsel telah merencanakan sesuatu terkait bisnis barunya kelak. Operator telekomunikasi yang lekat di mata masyarakat negeri ini, akan berevolusi menjadi digital operator. Hal itu diungkapkan oleh Alex J Sinaga, Presiden Direktur Telkomsel. Lebih jauh, Alex mengungkapkan bahwa saat ini bisnis voice dan SMS yang selama puluhan tahun menjadi andalan operator, kini mengalami pertumbuhan negatif di beberapa negara, termasuk Indonesia. Untuk itulah Telkomsel yang saat ini pertumbuhannya masih di atas lima persen ingin mendompleng dengan melakukan evolusi bisnis baru.

Untuk itulah, Telkomsel bergerak cepat dengan melakukan peresmian Telkomsel M2M. Di Hotel Ritz-Carlton saat acara berlangsung, Telkomsel mencoba memberikan imajinasi dengan memamerkan implementasi layanan itu dalam Smart City, Smart Utilities, Smart Automotive dan Smart Financial.

Hal yang dilakukan Telkomsel, memang sedang menjadi tren. Sebab dunia teknologi sedang diramaikan perangkat Internet of Things (IoT), termasuk di dalamnya wearable device, dan perangkat-perangkat untuk menunjang otomatisasi banyak hal. “Ada teori yang mengatakan, kalau industri yang Anda geluti mengalami perubahan luar biasa cepat, sebaiknya Anda tidak hanya melihat industrinya saja. Perluas cara pandang Anda dengan melihat arenanya,” kata Sinaga.