Teknopreneur.com – Seorang ahli menyatakan, munculnya teknologi 4K membuat gambar animasi yang berbasis komputer, harus memiliki resolusi 3.840X2.160 pixel, yang artinya frame rate animasi tersebut juga pasti bertambah, sehingga menjadikan tantangan besar bagi para animator dunia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Teknis Studio Illumination Mac, Bruno Mahe memprotes soal resolusi film animasi yang harus ditingkatan 2 kali lipat dari biasanya. Hal tersebut, seperti yang dikutip dari BBC, Rabu, (19/11). Ia menambahkan, dengan resolusi yang harus ditingkatkan untuk menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi, tentunya akan memakan waktu yang lebih lama dalam produksinya.

Lebih lanjut Mahe mengatakan animator harus berpikir ulang, serta mengubah cara mereka untuk memproduksi sebuah film animasi tersebut.” Film animasi yang ada saat ini masih dibuat pada 24 frame per second (fps) atau hanya untuk resolusi sekitar 2K. “Akan tetapi, dengan hadirnya teknologi 4K yang mengharuskan frame rate harus mencapai 48 fps, untuk menyesuaikan teknologi yang ada saat ini,” kata Mahe. Ia pun menuturkan, resolusi dan frame rate yang harus ditingkatkan menjadi tantangan besar. Mampukah animator menghadapi tantangan itu?