Teknopreneur.com- Trend IT didunia ternyata dipengaruhi juga oleh tren mobile messaging seperti  yang telah digagas oleh Whatsapp.  Kali ini, Cisco mengumumkan akan memberikan paket aplikasi mobile dan web yang dibangun untuk meniru kemudahan penggunaan perangkat lunak yang dirancang untuk berinteraksi  dalam tim kerja.

Aplikasi ini akan dikenal dengan Project Squared. Cisco berharap dengan proyek ini semakin banyak pengguna dari  perusahaan mobile dan web aplikasi.

Dalam applikasi ini, Cisco menawarkan komunikasi suara, video conferencing, IP telephon,  dan komunikasi di web melalui berbagai perangkat keras, komputasi awan dan software on-premise untuk desktop.

Analis Gartner, Adam Preset memandang Proyek Squared sebagai pesaing aplikasi messaging seperti Whatsapp.

 “Nilai plusnya Proyek Squared dapat membantu tenaga kerja menjadi lebih gesit, dan merespon lebih cepat.”

Cisco juga telah merilis versi beta dari Proyek Squared yang bisa download  secara gratis untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini akan tersedia untuk komputer MacOS, juga dapat bekerja  pada web versi Chrome, Firefox dan Safari, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui teks chat, audio dan video.

Motivasi Cisco dalam membangun Proyek Squared, menurut analis Tim Banting dari Current Analysis, adalah untuk mengembangkan alat yang akrab dan ramah untuk digunakan pengguna dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Vendor seperti Cisco, telah mengakui Konsumerisasi TI dan mengambil langkah-langkah untuk meniru apa yang penting dalam keseharian konsumen,” ungkap Banting via email.

Pilihan Cisco untuk membuat aplikasi ini gratis bagi siapa saja untuk mendownload mungkin akan digemari oleh pelanggan, karena karyawan dapat leluasa menggunakannya aplikasi ini tanpa harus mendapatkan persetujuan dari perusahaan mereka.

Namun, meski cara ini dianggap baik, namun beberapa pihak merasa terkejut dengan langkah Cisco memutuskan untuk membangun sebuah aplikasi baru bukannya fokus memperluas kerjasama yang sudah ada

Preset mengatakan banyak orang lebih berharap Cisco terus melakukan perbaikan tambahan untuk platform dan klien yang sudah ada, sehingga proyek baru ini dianggap tak terlalu tepat. melihat mereka membangun sesuatu yang baru sama sekali tidak diharapkan,” ujar Preset.