Teknopreneur.com – Akhirnya setelah melakukan riset yang lama, diberitakan oleh New Journal of Physic, beberapa ilmuwan melaporkan bahwa mereka berhasil mengirimkan sinar yang berputar sejauh tiga kilometer di ibukota Austria, Wina, sebagai upaya pertama untuk mengirimkan informasi di ruang terbuka. Dari sinar yang berputar itu diklaim oleh mereka mampu memungkinkan terjadinya komunikasi yang cepat.

Uji coba teknik pengiriman informasi itu dilakukan dengan mengirim gambar tiga warga Austria yang terkenal. Teknologi sinar yang berputar, yang disebut Orbital Angular Momentum (OAM), pertama kali didemonstrasikan pada tahun 1990-an, menjadi perkembangan terbaru yang tergolong cepat.

Para ilmuwan berharap hasil ini, walau bersifat preliminari, akan membantu pengembangan teknologi OAM untuk aplikasi komunikasi antar Bumi dengan satelit. Gambar hitam putih yang dkirimkan itu adalah foto dua ahli fisika Austria, Ludwig Boltzmann dan Erwin Schroedinger, serta kompser musik klasik terkenal, Wolfgang Amadeus Mozart. Ketiga foto dipecah ke dalam piksel dan dikirimkan pada malam hari lewat sinar laser hijau, yang berputar-putar.