Teknopreneur.com – Selain mempermudah konsumennya, keberadaan payment gateway berkontribusi menghemat biaya investasi bagi para pedagang. Berapa penghematannya? “Kira-kira itu ada penghematan cost sekitar 1/5 dari biaya investasi untuk mengoneksikan payment gateway,” jelasnya Chief Operating Officer (COO) PT Valadoo Indonesia (Valadoo), Aris Suryamas.

Meski begitu, belum adanya platform pembayaran yang betul-betul bisa memenuhi kebutuhan seluruh konsumennya secara online sehingga masih ada beberapa perusahaan skala UKM enggan menggunakan payement gateway. Maklum, berbagai platform payment gateway memiliki keunggulan masing-masing. “Kalau ada yang bisa menyatukan itu semua, saya rasa lebih efisien dan praktis bagi konsumen dan pedagang itu sendiri,” ujarnya.

Efisiensi dari adanya payment gateway bagi pedagang itu pun dibenarkan oleh Direktur PT Midtrans (Veritrans Indonesia) – perusahaan payment gateway – Budi Gandasoebrata. Menurutnya, dari sisi operasional dan biaya tenaga kerja akan berkurang secara signifikan.

Sebab, kata dia, seluruh transaksi melalui sistem payment gateway, proses rekonsiliasi data dan pencarian status transaksi menjadi sistematis, instan, dan otomatis. “Sebenarnya kami itu pelengkap layanan dari bank karena bank yang mempunyai hubungan dengan principal (Visa/Mastercard),” jelasnya.