Teknopreneur.com – Ada yang menarik di Belanda soal energi. Negeri Kincir Angin itu dikabarkan akan melakukan uji coba energi surya dengan menaruh photofoltaik sebagai jalan. Inovasinya ini diklaim sebagai pioneer di dunia. Sudah barang tentu dari tenaga listrik yang dihasilkan itu akan menerangi jalanan kota.

Jalanan ini, bukan seperti yang kita bayangkan menjadi alas untuk roda roda mobil besar, melainkan dibuat menjadi jalur sepeda sepanjang 230 kaki (70 meter) di sebuah kota bernama Krommenie. Jalur percobaan ini dikembangkan oleh SolaRoad.

“SolaRoad adalah perusahaan pertama di dunia yang bisa membawa Belanda menjadi yang terdepan dalam inovasi ramah lingkungan,” kata Henk Kamp, Menteri Keuangan Belanda saat peresmian jalan tenaga surya tersebut, seperti dikutip CNN.

Jalanan tersebut dibuat dari campuran batuan keras dan solar cell (penyerap tenaga surya) yang dilapisi kaca anti pecah.

Energi matahari yang diserap jalan ini akan digunakan oleh banyak alat elektronik kota, mulai dari lampu jalanan dan lampu lalu lintas hingga kebutuhan rumah tangga warganya.

Jalanan ini masih dalam tahap percobaan selama tiga tahun depan. Jika berhasil, bakal diterapkan di beberapa kota di Belanda. Menarik bukan?