Teknopreneur.com – NFC atau singkatan dari Near Field Communication merupakan teknologi yang memungkinkan orang melakukan pembayaran berupa barang maupun jasa dengan menggunakan perangkat mobile yang terhubung ke terminal pembayaran. Akan tetapi, kehadiran teknologi NFC justru membuka celah bagi para hacker untuk mengambil alih ponsel serta mencuri data.

Menanggapi hal tersebut, salah satu kota besar di negeri Sakura, Tokyo, mengadakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Hewlett Packard. Sebagaimana dikutip dari laman BBC, Kamis (13/11).

Kompetisi yang melibatkan peneliti dan pengembang aplikasi itu, menggunakan bug untuk menemukan celah pada serangkaian produk handphone.  Perangkat mobile yang dijadikan tikus percobaan dalam kompetisi tersebut berasal dari 5 vendor ternama, seperti iPhone, BB Z30, Amazon Fire, dan Google nexus 7.

Dimana tiga serangan bug, sukses temukan celah pada NFC untuk mengambil data dari ponsel. Sedangkan dua keberhasilan lainnya, diperoleh dengan menaruh bug pada web browser yang sedang aktif digunakan oleh si pengguna ponsel tersebut.

Dengan rincian kerentanan tersebut, membuat masing-masing vendor dapat memperbaiki kembali sistemnya agar terhindar dari bug.