Teknopreneur.com – Perusahaan database software, Oracle, tren penggunaan cloud akan sering dimanfaatkan baik untuk individu maupun korporat. Indikatornya adalah semakin tumbuhnya gadget di tanah air. Berdasarkan data yang dimiliki Oracle, di tahun 2012 saja perangkat yang terkoneksi dengan internet sudah mencapai sekitar sembilan miliar unit dan akan meningkat tajam hingga 50 kali lipat di tahun 2020.

“Sedangkan perangkat mobile saat ini ada sekitar enam miliar unit yang digunakan oleh 87 persen penduduk dunia, sehinggamobile data akan tumbuh 78 persen. Ini merupakan dampak dari globalisasi,” ungkap Atul Tuli, Senior Sales Director Oracle. Sudah barang tentu, tumbuhnya perangkat itu akan dibarengi dengan semaraknya penggunaan cloud sebagai wadah penyimpanan data yang aman sekaligus hemat.
“Penyedia layanan cloud di pasar akan tumbuh mencapai US$107 miliar pada tahun 2017,” jelasnya.

Dari segi keamanan, Atul mengungkapkan tingkat keamanan penyimpanan data pada cloud yang dikelola Oracle dijamin keamanannya. Pasalnya, kata dia, dulu perusahaan tersebut dibangun untuk sistem penyimpanan data untuk Central Intelligence Agency (CIA).

“Belum ada sejarah (hacker) menembus keamanan kami. Sangat-sangat aman,” klaim Atul.