Teknopreneur.com- Kucuran dana yang diberikan oleh Mantan CEO Microsoft, Steve Ballmer, bukan tanpa alasan. Ballmer mengaku alasannya adalah karena ketertarikannya pada ilmu komputer. Ballmer bahkan meyakini bahwa machine learning akan akan menjadi era berikutnya dalam ilmu komputer.

Melalui bantuan ini, Harvard University dapat memperluas fakultas ilmu komputer sebesar 50%. Ballmer berharap bantuan itu  dapat membuat jurusan  ilmu komputer menjadi salah satu program terbaik di Inggris.

“Era selanjutnya dalam ilmu komputer akan fokus pada pembelajaran mesin,” ungkap Ballmer kepada Computerworld.

Ballmer yang memimpin Microsoft 2000-2014 mengungkapkan ketika melihat apa yang akan terjadi di masa depan dalam ilmu komputer, tak bisa jauh-jauh dari ilmu algoritma sehingga komputer dapat mengenali perilaku dalam set data yang lebih besar.

Melalui kecanggihan ini, era baru akan terbentuk di mana kemampuan untuk memahami dunia, orang-orang dan menarik kesimpulan jauh lebih mudah.

Namun Ballmer menolak jika bantuannya pada jurusan ilmu komputer  ini dianggap menjadi fokus Harvard di masa depan.

“Ini bukan hanya tentang menempatkan input dan mendapatkan jawaban. Ilmu komputer memang terus berkembang dan ini akan menjadi hal yang mendasar. Saya hanya berbagi peluang untuk menjadikan sesuatu yang bermanfaat dalam beberapa tahun ke depan.” terang Ballmer.

Kabarnya, Harvard bukan satu-satunya lembaga akademis untuk menerima sumbangan besar dari Ballmer dalam minggu ini. Boston dan Cambridge nampaknya juga akan mendapat bantuan dana dari Ballmer.