Teknopreneur.com – Perkembangan perangkat mobile semakin menjadi trend di dunia. Selain itu, gaya hidup yang serba digital saat ini membuat semua orang senang melakukan kegiatan online melalui gadget yang mereka miliki baik itu melalui smartphone maupun tablet.

Melihat peluang tersebut raksasa pemutar musik dan video, Youtube, membuat layanan berbayar.  Dengan layanan barunya yang diberi nama Youtube Music Key, pelanggannya dapat men-download album lengkap, dari playlist ataupun sesuai dengan keinginananya serta mampu memutar video meski sedang offline.

Hal tersebut, dilakukan oleh Youtube untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan menghapus iklan-iklan yang ada. Chief executive The Orchard kelompok label indie, Brad Nevin mengatakan, “ ini merupakan kesempatan yang fenomenal.” Seperti yang dikutip dari laman BBC (Rabu,12/12).

Seorang analis dari Forrester Research, James McQivey menyatakan bahwa Jika Anda hanya menggunakan layanan selain Youtube, maka langkah Youtube tersebut tidak menjadi alasan untuk beralih ke Youtube. Ia pun mengatakan,“Ada kenyamanan tertentu yang dirasakan oleh pengguna dari masing-masing layanan.”