Co-founder Microsoft Bill Gates kembali menjual 20 juta lembar saham perusahaan pada akhir Oktober lalu (27-31 Oktober). Gates menjual saham dengan harga mulai dari US$45,92 hingga US$46,76. Menurut US Securities and Exchange Commission (SEC) total dana yang diperoleh dari penjualan ini sebanyak US$925 juta.

Meski jumlah saham Gates di Microsoft terus mengalami pengurangan, kekayaan Gates tetap bertambah. Nilai saham Gates justru mengalami peningkatan dengan jumlah yang cukup besar. Lihat saja, setelah penjualan sahamnya di bulan Oktober kemarin, nilai saham Gates naik ke angka US$13,6 miliar. Sedangkan di awal Agustus lalu, ketika Gates masih memiliki 298 juta lembar saham Microsoft, nilai sahamnya hanya mencapai US$12,9 miliar.

Mantan CEO dan chairman Microsoft ini, setidaknya telah menjual sekitar 80 juta saham per tahun. Jumlahnya sekitar 20 juta setiap kuartal. Jika Gates terus melakukan penjualan secara konsisten, maka hanya dalam waktu kurang dari empat tahun ia akan kehilangan kepemilikannya atas Microsoft.

Bulan April lalu, Gates akhirnya menyerahkan gelar pemegang saham terbesar Microsoft kepada mantan CEO Steve Ballmer. Transaksi yang dicatat SEC hingga19 Agustus lalu, Ballmer memiliki 333 juta saham, senilai US$16,3 miliar.

Namun akhirnya, Ballmer mengundurkan diri dari dewan direksi Microsoft pada 19 Agustus. Tetapi Ballmer menegaskan ia tidak akan melakukan hal seperti yang dilakukan Gates. Ia berulang kali berjanji tetap memegang saham Microsoft.

“Saya berjanji untuk terus mendukung dan mendorong keberanian manajemen dengan peran saya sebagai pemegang saham dengan cara apapun yang saya bisa lakukan,” kata Ballmer dalam surat pengunduran Agustus kepada CEO Satya Nadella.