Teknopreneur.com – Produsen handphone asal finlandia, nokia, kini hanya tinggal kenangan saja. Hal ini dipastikan, setelah Microsoft tega mencoret dan menggantikan nama pada smartphone terbarunya menjadi Microsoft Lumia.

Hal itu, seperti yang diungkapkan oleh pengamat industri dari uSwitch, Rob Kerr. “Dengan mengistirahatkan merek Nokia, Microsoft mengirimkan pesan bahwa tidak ada tempat untuk bernostalgia di pasar perangkat mobile yang bergerak cepat,” ucapnya seperti yang dilansir dari Daily Mail (Selasa,11/11).

Padahal belum lama ponsel symbian Nokia merajai pasar handphone dunia. Namun, setelah kedatangan merek lainnya, seperti BB, Samsung, dan iPhone, seakan-akan Nokia menghilang dari peredaran.

“Jalur yang paling mudah adalah dengan menggunakan nama Nokia untuk menarik perhatian, tapi Microsoft punya rencana lain. Taktik tersebut pernah dilakukan oleh Sony ketika membuang nama nama belakangnya Ericsson,” jelas Rob.

Ada kabar burung, bahwa Nokia akan kembali terjun ke pasar perangkat mobile, tapi bukan dalam waktu dekat. Pasalnya, setengah saham Nokia juga telah menjadi hak milik dari Microsoft selama beberapa tahun ke depan.