Teknopreneur.com – Siapa bilang belajar harus selalu di kelas, kini belajar dapat dilakukan melalui smartphones, BB, PC/komputer, laptop, ataupun tablet dengan mengakses Quipper School, sebuah platform penghubung antara siswa dan guru dalam pembagian tugas secara online.

Layanan ini merupakan hasil karya startup edukasi online asal Inggris bernama Quipper. Quipper mencoba untuk menjadi platform pembelajaran online terlengkap di Indonesia yang dapat digunakan oleh siswa dan juga guru. Layanan dan konten yang tersedia saat ini adalah gratis. Quipper bahkan berjanji layanan ini akan selalu gratis. Platform ini memiliki dua bagian yaitu Quipper School Link dan Quipper School Learn. Quipper School Link disediakan bagi guru, untuk memudahkan mereka mengirim tugas ke perangkat mobile milik siswa sekaligus juga dapat memantau perkembangan belajarnya secara online. Sementara itu, Quipper School Learn disediakan bagi para siswa untuk mengerjakan dan men-submit tugas yang diberikan.

Ada ribuan topik yang telah disesuai dengan kurikulum di Indonesia berupa materi pelajaran dan soal untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan IPS (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi-Akuntansi). Namun sayangnya saat ini, Quipper School hanya bisa dinikmati oleh siswa kelas SMA mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

Seperti yang dilaporkan oleh TechInAsia, kehadiran Quipper School di Indonesia merupakan salah satu langkah pengembangan bisnis terbarunya setelah sempat diberitakan memperoleh pendanaan sebesar US$5,8 juta dari sejumlah investor pada kuartal I tahun ini. Dana ini akan digunakan untuk melebarkan sayapnya di berbagai negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. (FJ)