Teknopreneur.com – Presdir XL, Hasnul Suhaimi mengatakan,“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi, XL memiliki kemampuan untuk mempermudah pelanggan dan masyarakat maupun lembaga sosial dalam hal pengumpulan dana bagi kegiatan sosial. Selain itu, dengan jumlah pelanggan kami yang sebanyak 58,3juta akan mempermudah yayasan sosial untuk bisa menggalang dana.”

Hal tersebut, disampaikan Hasnul dalam siaran pers yang terdapat dalam web resmi XL. Kemudian ia menambahkan, masyarakat dan pelanggan XL berharap, pelanggan dan masyarakat akan bisa memanfaatkan program ini guna membantu penanganan masalah sosial di berbagai daerah.

Lembaga sosial yang dimaksud berfokus dalam program perlindungan dan pendidikan anak kurang mampu, kesehatan masyarakat, panti asuhan, perlindungan lingkungan hidup, serta pembinaan masyarakat pedesaan. Ada 18 lembga sosial yang tergabung dalam Xmartdonasi diantaranya, GNOTA, Dompet Dhuafa, Putra Sampoerna Foundation, dan lainnya.

Untuk berpartisipasi dalam program tersebut pelanggan akan disediakan 18 kata kunci dari masing-masing lembaga tersebut, seperti GNOTA, YKAKI, ataupun WWF. Lalu, tinggal kirim ke nomor 5000 untuk pemotongan pulsa seharga Rp5.000, sedangkan ke nomor 2500 untuk pemotongan pulsa sebesar Rp2.500 atau bisa melalui menu UMB.

XL secara aktif telah menyelenggarakan SMS donasi sepanjang tahun untuk menggalang dana bantuan dari pelanggannya. Tahun ini, donasi yang telah diselenggarakan antara lain donasi untuk guru, juga banjir warga Manado dan Bekasi, serta sejumlah bencana lainnya.