Teknopreneur.com-  Semua orang tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan, dengan lebih dari 17.000 pulau di dalamnya. Kondisi ini membuat wilayah Indonesia tak cukup dihubungkan hanya dengan kereta api, mobil atau kendaraan darat lainnya. Pesawat terbang amat penting untuk kondisi geografis Indonesia.

Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan Ilham Habibie, Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), bahwa PT RAI, PT Ilthabi Rekatama, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) dan PT Eagle Capital milik BJ Habibie akan berencana untuk bersama-sama membangun pesawat komersial R80.

Pesawat canggih ini memiliki kemampuan terbang di atas 20.000 kaki dan mempunyai kapasitas penumpang yang cukup besar. Ilham mengatakan R80 akan diproduksi di Jawa Barat dan  melibatkan PT DI dan Pemprov Jabar. Saat ini telah dibahas komposisi saham dalam pembuatan pesawat R80 tersebut. Pada tahap awal, PT RAI telah mengalokasikan dana sebesar US$1 miliar. Setelah penandatanganan MoU, pihaknya akan menindaklanjuti dengan mengerahkan sekitar 500 teknisi.

Lebih lanjut Ilham menjelaskan biaya pembuatan pesawat canggih ini sekitar 500 ribu sampai 700 ribu dolar AS untuk engineering, prototipe, dan pengujian pesawat terbang baik di darat maupun udara.

 

Foto: Bandung.bisnis.com