Teknopreneur.com- Perbaikan infrastruktur, layanan, dan pengelolaan tiket memberikan fitur yang lebih baik dalam moda transportasi di Indonesia. Hal ini juga menjadi bagian dari cara meningkatkan jumlah penumpang transportasi massal. Tak bisa dipungkiri integrasi inter moda transportasi menjadi suatu kebutuhan saat ini.

Menurut Darmantoro, Aktivis Masyarakat Transportasi Indonesia masalah transportasi solusinya adalah dengan teknologi yang efisien dalam pengoperasiannya, bukan hanya dalam segi finansial tapi juga teknisnya. “Oleh karena itu, tepat jika Indonesia mulai menerapkan e-Transportasi yang saling terintegrasi satu dan lainnya,” ungkapnya.

Namun untuk Indonesia saat ini, Tori – panggilan akrab Darmantoro – berpendapat integrasi harus dilaksanakan secara bertahap. Yang paling mendasar menurutnya adalah dengan mengintegrasikan infrastrukturnya terlebih dahulu. Selain itu, hal lainnya dalam mendorong e-Transportasi adalah tentang integrasi layanan dan tarif.
Melalui ketiga hal ini Tori optimis tujuan e-Transportasi untuk memperkuat jangkauan layanan dan menekan biaya transportasi bisa tercapai. Dan akhirnya moda transportasi massal akan menjadi pilihan utama masyarakat dibanding menggunakan kendaraan pribadi. (FJ)

Foto:tipsfotografi.net